Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo, Malang

Dinoyo adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Lowokwaru , Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.
Kelurahan ini di perkirakan pusat dari kerajaan Kanjuruhan, dimana salah satu raja terkenalnya bernama Gajayana. Di daerah ini juga pernah ditemukan 2 prasasti yang berkenaan dengan kerajaan Kanjuruhan. Dinoyo selain salah satu pusat pendidikan dikampus, juga merupakan penghasil keramik yang dikenal dengan keramik Dinoyo, Pusat usaha keramik dinoyo terletak di RW 03, atau sepanjang jl. MT Haryono Gang 9-11.

Indonesia memiliki bahan baku tanah liat melimpah. Setiap daerah pun memiliki karakter khas. Jika tanah liat di Malang akan kecoklatan jika dibakar, tanah liat Jawa Tengah menjadi keabu-abuan.
Pengrajin tanah liat atau biasa kita dengar dengan kerajinan keramik Dinoyo. Dinoyo adalah salah satu nama daerah yang berada di kota Malang. Di daerah inilah kita akan dapat menikmati keindahan berbagai bentuk kerajinan, mulai dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar pun kita bisa dapatkan di sini, tentunya dengan harga yang berfariasi.
Barang turunan keramik berbahan tanah liat lebih modern dan natural. Tren produk ini pun punya penggemar tersendiri. Apalagi jika benda tersebut fungsional dan simpel seperti tempat lilin, tempat kartu nama, dan lainnya.
Sentra keramik Dinoyo, Malang, sudah eksis sejak 1957. Awalnya daerah ini merupakan lingkungan persawahan hingga terbentuk sebagai sentra gerabah dan memproduksi perlengkapan rumah tangga. Melihat perkembangan keramik Cina, pengrajin asal Dinoyo kemudian mengembangkan keramik semi porselen hingga namanya terus dikenal hingga kini.
keramik-dinoyo-4Karakter khas keramik cendera mata terletak pada warna dan desain natural. Bentuk dan fungsinya pun bervariasi, seperti vas bunga, tempat garam dan merica, tempat kartu nama, aneka suvenir, wadah aromaterapi, tempat lilin, dan lainnya.
Bagi para penggemar barang-barang kerajinan. Jika singgah di kota Malang, jangan lupa  mampir dan melihat sentra kerajinan keramik yang terletak di Dinoyo ini. Di sepanjang Jl. MT. Haryono XI, Anda dapat menemukan berjajar stan di rumah-rumah yang menjajakan hasil kerajinan-kerajinan keramik tersebut. Mulai barang terkecil, seperti berbagai macam souvenir dan cindera mata. Hingga barang-barang besar, seperti vas bunga dan berbagai macam hiasan-hiasan yang dapat dipajang dirumah.
Indahnya budaya Nusantara yang beragam, menjadikan Indonesia bangga akan kekayaan ragam budaya. Lindungi dan lestarikan keindahan budaya, seni, dan kerajinan Indonesia sebagai wujud cinta akan produk Indonesia. Dan jadikan kebanggaan tersendiri akan produk-produk Nusantara.
keramik-dinoyo-2keramik-dinoyo-1

Sumber : http://ksupointer.com

0 komentar:

Copyright © 2013 Rumah Malang